Pelanggan adalah aset berharga yang harus dijaga agar menjadi pelanggan yang loyal dan mau terus menggunakan sebuah produk atau jasa yang dijual oleh sebuah perusahaan.
PDAM memiliki kesempatan yang sangat tinggi untuk bisa terus mempertahankan para pelanggannya, karena mereka sangat membutuhkan pasokan air bersih untuk menunjang kehidupan sehari-harinya.
Namun tidak bisa dipungkiri, masalah bisa saja datang secara tiba-tiba dan membuat pelanggan menjadi marah dan kesal karena apa yang ingin dia gunakan sedang terkendala. Hal-hal seperti itu biasanya akan dilaporkan langsung oleh pelanggan ke petugas PDAM bisa lewat call center, social media ataupun melalui loket pengaduan yang ada di kantor PDAM.
Baca Juga: Jenis Pengaduan yang Sering Disampaikan Pelanggan PDAM
Table of Contents
ToggleTingkatkan Pelayanan dengan Aplikasi Hubungan Langganan
Masih terlalu banyak pelanggan yang mengeluh karena laporannya tidak ditindaklanjuti, hal ini terjadi biasanya karena terlalu banyak laporan terkait kendala di PDAM yang masuk ke bagian hubungan langganan. Dengan adanya aplikasi hublang maka pelayanan kepada pelanggan bisa ditingkatkan, karena aplikasi hublang memiliki fitur-fitur berikut:
1. Mengelola Pengaduan dengan Mudah
Semua pengaduan dari pelanggan bisa dicatat langsung pada sistem hubungan langganan, dengan cara ini laporan tidak akan hilang dan bisa disimpan dengan baik. Dan bisa diteruskan langsung kepada bagian atau divisi yang akan menangani pengaduan dari pelanggan.
2. Mengelola Permintaan Pemasangan Sambungan Baru
Dengan aplikasi hubungan langganan ini petugas di PDAM jadi lebih mudah untuk melakukan pencatatan bagi pelanggan yang akan mengajukan pemasangan sambungan baru. Dan data-data yang sudah masuk ke dalam sistem akan segera diproses sesuai dengan SLA (Service Level Agreement) yang sudah diterapkan, jadi jangan khawatir pengajuan tidak terproses.
Baca Juga: Ini Dia Prosedur Pemindahan Meteran PDAM
3. Sinkron dengan Modul Perencanaan dan Distribusi
Selain modul atau aplikasi Hublang, PDAM Pintar juga memiliki aplikasi Perencanaan dan Distribusi. Hal ini dibuat untuk melengkapi aplikasi hublang yang sering mendapat banyak laporan. Dengan sinkronisasi dengan dua modul tersebut maka akan mempermudah untuk melakukan perencanaan perbaikan atau pemasangan dan distribusi alat-alat menjadi jauh lebih mudah.
Itulah keunggulan yang akan didapatkan oleh pihak PDAM jika menggunakan aplikasi Hublang milik Bima Sakti Alterra. Karena semuanya sudah tidak perlu dilakukan secara manual, dan pelayanan pelanggan akan meningkat karena prosesnya menjadi lebih cepat.
Jadi, tunggu apa lagi? Tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya, karena Anda akan mendapatkan pendampingan sebelum menggunakan aplikasi hublang sepenuhnya. Pelatihan diberikan agar Anda mengerti lebih dalam bagaimana cara menggunakan aplikasinya.