5 Sumber Air Jernih di Indonesia, Cus Agendakan!

sumber-air-jernih-di-Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikenal akan alamnya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Panorama alam Indonesia pun sangat beragam mulai dari pantai yang indah dan menyejukkan hati, jajaran gunung yang membentang megah, hingga berbagai wisata danau yang menakjubkan. Dengan keindahan alam yang menawan tentunya di dalamnya terdapat sumber mata air yang jernih. 

Sumber mata air yang jernih ini memberikan kesegaran bagi masyarakat Indonesia sambil menikmati pesona keindahan alam yang menawan. Bahkan kejernihan dan keindahannya tidak kalah dengan yang ada di negara lain, lho! Sobat PDAM Pintar ingin tahu apa saja? Simak daftarnya dibawah ini. 

Sungai Kali Biru Raja Ampat, Papua Barat 

Salah satu sungai paling jernih yang ada di hutan Papua, Indonesia. Sungainya yang berkelok-kelok membelah hutan rimba Papua dengan pancaran biru yang mencolok ditambah dengan sayup-sayup gemercik air ini menyempurnakan pesona Sungai Kali Biru. Air yang ada di sungai ini pun bisa langsung diminum karena airnya berasal dari sumber mata air pegunungan yang bersih. Uniknya lagi, pengunjung dapat melihat dasar sungai dengan bebatuan dan pasir tanpa harus menyelam, padahal kedalaman sungainya mencapai 5 meter. 

Air Terjun Lombongo, Gorontalo 

Air terjun ini terletak di Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Wisata ini sangat unik karena bukan hanya memberikan pemandangan air terjun, tetapi juga memanjakan pengunjung dengan air panas. Kolam air panas tersedia di air terjun ini akibat aktivitas geothermal yang terjadi di sekitar kawasan Lombongo, sedangkan untuk air dinginnya sendiri berasal dari sungai jernih di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Danau Toba, Sumatera Utara 

Danau ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Danau ini menjadi danau terbesar di Asia Tenggara sekaligus yang paling populer di Indonesia. Terletak di Sumatera Utara dan membentang di tujuh kota, danau ini selalu berhasil mengambil hati wisatawan untuk berkunjung ke danau ini. Bagaimana tidak, danau ini menawarkan pemandangan yang begitu memukau, keindahan alam nya sangat menakjubkan bahkan air pun jernih.  

Sungai Tamborasi, Sulawesi Tenggara 

Dijuluki sebagai sungai terpendek di dunia, Sungai Tamborasi ini terletak di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara tepatnya di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo. Sungai sepanjang 20 meter ini menjadi sungai dengan aliran air laut nya yang menembus bibir pantai dan menerpa tebing kapur putih. Air dari sungai ini pun sangat jernih, karena mata airnya berasal dari tebing cadas yang berdiri  tegak lurus di sela-sela rerimbunan pohon. Dari sela-sela tebing inilah akan keluar air tawar yang menghasilkan air dengan warna hijau tosca jernih. Lebih mengejutkannya lagi, karena airnya yang terlalu jernih, kita dapat melihat batuan yang ada di dasar sungai sedalam 5 meter itu dengan begitu jelasnya. Bahkan, air nya pun akan berubah menjadi hangat ketika telah mendekati muara di Laut Flores. 

Pulau Cemara Kecil, Kepulauan Karimunjawa 

Menjadi pulau yang disebut sebagai Maldivesnya Indonesia ini berada di lingkupan Taman Nasional Karimunjawa. Pulau ini menyuguhkan panorama laut dan kekayaan bawah laut nya yang menakjubkan dengan kondisi air laut yang sangat jernih. Apalagi ketika terkena sinar matahari, air ini akan tampak berkilauan. Pasir putih hangat dan air laut yang bening bisa Anda nikmati tanpa ada koral warna-warni yang memadati bibir pantai ini. 

Pulau ini memanjakan mata Anda dengan memberikan air yang tenang yang dilengkapi dengan pasir putih yang lembut. Sungguh indah dan tak ada duanya bukan? Jika kamu akan berlabuh ke pulau ini, kamu akan betah melihat pemandangan dan menjadi takjub akan keindahannya. 

Itulah beberapa objek wisata dengan suguhan sumber air jernih yang berhasil menebarkan pesonanya untuk memikat siapapun yang datang sebagai pengunjung. Tapi, dengan pemberian dari alam ini, kelestarian dan kebudayaannya wajib dijaga sebaik mungkin demi ketersediaan air jernih yang berkelanjutan diiringi dengan pesona yang memukau. 

Jangan merusak keindahan yang sudah diberikan oleh alam ini dan berusahalah menjadi pemakai, pengunjung dan penikmat alam yang baik dan berbudi pekerti, sebab destinasi ini tidak bisa Anda nikmati di tempat lain dan hanya #DiIndonesiaAja.  

Reference: 

Recent Posts

Categories