Ini Dia Ciri-Ciri Air Sumur Bor Berkualitas!

ciri-ciri-air-sumur-bor-berkualitas

Harus diakui bahwa air sumur menjadi salah satu sumber yang dimanfaatkan dan diperlukan oleh masyarakat. Bisa dibilang bahwa masyarakat bergantung sepenuhnya terhadap pasokan air sumur dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, jangan salah sangka sebab air sumur pun keberadaannya tidak selalu bersih dan berkualitas baik. Apalagi dikala musim kemarau tiba, seringkali banyak sumur yang kering sehingga sulit mendapatkan pasokan air bersih dan mau tidak mau masyarakat harus menggunakan sumber air lainnya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apakah sumur air yang Anda gunakan kebersihannya teruji dan layak digunakan. 

Apakah air sumur bor selalu bagus? 

Sumur bor menjadi salah satu alternatif yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kelayakannya dianggap sudah teruji. Tapi, tidak jarang juga yang mengatakan di beberapa kondisi, air sumur bor menyusahkan mereka karena kotor, mengeluarkan bau tidak sedap hingga tidak layak digunakan. Oleh karena itu, sumur bor bukan berarti 100% kebersihannya sudah lolos ya. Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membuat sumur bor di rumah Anda, seperti: 

  • Perhatikan kondisi tanah 

Ketika Anda memutuskan untuk membuat sumur bor, pastikan Anda memiliki kondisi tanah yang baik. Hindari tanah yang berlumpur karena ketika rumah Anda dipenuhi dengan tanah yang berlumpur, aliran air yang menuju ke pipa Anda akan menjadi keruh dan tidak higienis. 

  • Kedalaman sumur bor 

Ini memegang peranan yang vital dan berpengaruh dalam menentukan kualitas air yang nantinya akan Anda dapatkan. Jadi, pastikan Anda melakukan pengeboran untuk sumur Anda sesuai dengan kedalaman yang ideal. Nah, idealnya ini akan disesuaikan dari kondisi lokasi Anda apakah berada di dataran rendah ataupun tinggi, memiliki kedalaman ideal yang berbeda-beda ya! 

  • Debit air tanah 

Mengetahui seberapa besar debit air tanah yang bisa disalurkan pada air sumur bor Anda akan sangat membantu. Hal ini penting demi terjaminnya ketersediaan air yang sesuai dengan kebutuhan air Anda. 

  • Kualitas dan kuantitas air tanah 

Anda pun juga harus menguji air tanah yang keluar dari sumur bor Anda untuk bisa mengetahui kualitasnya. Apakah air tersebut mengandung mikroorganisme, bakteri, zat kimia berbahaya, pestisida maupun bahan-bahan lainnya. Pastikan juga kuantitas yang akan keluar dan Anda gunakan tidak mengganggu keseimbangan ekosistem di sekitar lokasi sumur bor Anda.  

  • Pemakaian mesin jet pump 

Mesin ini perlu diinstal untuk membantu dalam melakukan penyedotan air dalam bawah tanah untuk dinaikkan ke atas permukaan. Jadi, Anda perlu memasang mesin yang sesuai dan mampu mendorong naiknya air sehingga bisa digunakan secara stabil. 

Kelebihan dan kekurangan air sumur bor 

Sumur bor memiliki beberapa kelebihan, antara lain: 

  • Air tersedia secara kontinu dan kuantitasnya melimpah. 
  • Terhindar dari pencemaran air permukaan yang bisa terjadi akibat limbah, banjir atau aktivitas manusia lainnya.
  • Biaya untuk jangka panjang lebih rendah. 
  • Memiliki hak untuk melakukan kontrol terhadap air sepenuhnya.. 
  • Kualitas air cenderung baik selama berada pada kedalaman yang ideal.. 
  • Memiliki sumber air cadangan dalam toren. 

Tapi, sumur bor juga tidak terlepas dari kekurangannya, yaitu: 

  • Biaya awal yang relatif tinggi untuk instalasi daripada mendaftar ke PDAM. 
  • Risiko penurunan kualitas air jika tidak dikelola dengan baik. 
  • Perlu peralatan dan tenaga ahli untuk melakukan perbaikan dan pembuatan. 
  • Kualitas air tidak teruji aman dan layak dikonsumsi sebelum diuji dan diolah terlebih dahulu.

Kini, setelah Anda mengetahui informasi seputar sumur bor, ini saatnya Anda mengetahui ciri-ciri sumur bor yang bagus dan layak digunakan. Ini dia ciri-cirinya: 

Ciri-ciri sumur bor yang berkualitas 

Tampilan Kualitas Air

  • Air jernih: air yang keluar dari sumur bor yang bagus harus jernih dan tidak berwarna. Jadi, ketika nantinya air itu keruh maka pertanda air Anda telah terkontaminasi. 
  • Tidak bau: sumur bor yang bagus akan menyalurkan air yang sama sekali tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Sebab, bau tidak sedap ini mengindikasikan hadirnya monster dalam air Anda. 
  • Rasa netral: kelayakan air sumur biasanya akan terasa tawar tanpa muncul rasa pahit atau asin, sehingga jika Anda merasa air itu aneh atau asin, maka dipastikan air sudah tercemar oleh unsur polutan dan berbahaya untuk digunakan. 

Kedalaman sumur

Sumur bor yang bagus adalah sumur bor yang memiliki kedalaman yang sesuai. Sesuai disini bergantung pada kondisi geologi dan kebutuhan Anda terhadap air. Jadi, sebelum Anda melakukan pengeboran, pastikan kedalaman yang akan dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan karena ketika terlalu dangkal, akan sulit mencapai sumber air yang bersih. 

Konstruksi sumur 

Ketika melakukan pengeboran sumur bor, pastikan Anda memasang pipa yang terbuat dari bahan kokoh dan tahan lama di dalam lubang bor untuk melindungi air dari kontaminasi. Anda juga harus memastikan untuk menutup sumur secara rapat sehingga tidak ada kontaminasi air dari luar. 

Mempunyai kandungan mineral yang seimbang

Air sumur bor yang kualitasnya terjamin seharusnya mengandung mineral dan garam dalam jumlah yang seimbang. Kandungan yang dimaksud ini antara lain kalsium, magnesium dan kalium diperlukan oleh tubuh manusia demi memberikan kesegaran ketika digunakan. Ketika kekurangan mineral, air cenderung berasa hambar dan tidak ada nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, tapi disisi lainnya, ketika kandungannya berlebihan maka masalah kesehatan datang seperti batu ginjal atau hadirnya kerak pada peralatan rumah tangga. Jadi, pastikan air sumur bor Anda mengandung mineral yang seimbang ya. 

Total Dissolved Solids (TDS) rendah 

TDS menjadi konsentrasi total zat terlarut dalam air. Hal ini menjadi indikator penting untuk mengetahui apakah air sumur Anda berkualitas atau tidak. Ketika air sumur bor memiliki TDS yang rendah, yaitu dibawah 500 ppm, maka air sumur Anda sudah terkategori baik dan layak digunakan. Sehingga ketika nantinya Anda mengecek kualitas air sumur Anda dan menemukan bahwa TDS berada dalam taraf tinggi, maka ditunjukkan garam dan senyawa terlarut dalam konsentrasi yang tinggi. 

Dengan mengetahui ciri-ciri air sumur bor yang baik dan berkualitas, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai demi memastikan bahwa air sumur bor yang digunakan adalah air yang aman, berkualitas, dan bermanfaat bagi kesejahteraan Anda dan keluarga Anda.

Reference:

Recent Posts

Categories