4 Negara Dengan Pengelolaan Air Bersih Terbaik

Pengelolaan Air Bersih

Salah satu kebutuhan pokok yang menunjang kehidupan manusia adalah air. Untuk itu kebersihan selalu menjadi hal yang utama karena menyangkut dengan segala aspek kehidupan. Terdapat beberapa negara maju yang memberikan perhatian lebih kepada pengelolaan air bersih di negaranya, sehingga tidak heran jika kamu berkunjung ke salah satu negara dan mereka berani menjamin memiliki air yang sangat bersih sehingga dapat langsung dikonsumsi dari keran. Negara apa saja sih yang memiliki pengelolaan air bersih terbaik? Yuk simak informasi dari kami.

Jerman

Pemerintah negara Jerman memiliki kewajiban dalam melakukan pengelolaan air bersih  sebagai fasilitas sanitasi bagi masyarakatnya. Jika kamu melakukan kunjungan ke negara Jerman, kamu tidak perlu merasa khawatir karena untuk pasokan air negara Jerman sudah melakukan pengelolaan air bersih yang baik untuk air yang diminum ataupun air untuk dimasak, Berdasarkan survei terbaru, 92% masyarakatnya puas dengan pelayanan dan kualitas air minum mereka.

Kanada

Dalam melakukan pengelolaan air negara Kanada memiliki pedoman yang sangat ketat dalam mendirikan produsen air minum untuk perusahaan swasta. Namun, pedoman ketat itu juga didukung dengan komitmen yang baik dalam menjaga kualitas air minum bagi masyarakatnya. Sehingga predikat negara Kanda tidak hanya sebagai negara terbersih di dunia namun juga dalam melakukan pengelolaan air bersih yang baik.

Prancis

Dalam mewujudkan kota dengan air yang bersih, pemerintah negara Perancis bersungguh-sungguh dengan melakukan kerja sama dengan pihak swasta untuk menjaga kualitas air. Program yang dilakukan adalah menjaga kandungan bakteri di dalam air keran agar tetap rendah sehingga tidak menimbulkan penyakit.

Norwegia

Melalui program perlindungan air tanah, pemerintah negara Norwegia melakukan pengelolaan lewat “The Midgard Snake” yang digerakkan oleh Departemen Oslo Water and Wastewater. Melalui program pengelolaan air tersebut, negara Norwegia menjadi salah satu negara maju yang terkenal dengan kebersihan airnya.  

Jadi, bagaimana sob? Tertarik untuk mengunjungi negara-negara maju tersebut? Untuk kamu yang memiliki ketertarikan mengenai air bersih negara-negara diatas cocok sekali untuk dijadikan wishlist negara yang wajib kamu kunjungi! Sementara itu, jangan lupa ya sebagai warga Indonesia kita juga wajib menjaga kebersihan air untuk kepentingan bersama yang dapat dimulai dari tindakan-tindakan kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, karena siapa tahu 10 tahun lagi Indonesia masuk kedalam kategori negara dengan air terbersih di dunia loh jika semua masyarakat disiplin untuk menjaga kebersihan. 

Recent Posts

Categories