Mitos atau Fakta: Air Putih Ampuh Turunkan Berat Badan?

apakah-air-putih-bisa-turunkan-berat-badan

Sobat PDAM Pintar, ada fakta mengejutkan khusus bagi para-para wanita yang sedang mendambakan badan yang kurus nih. Faktanya, air putih bisa membuat Anda kurus, lho! Tapi, apakah ini mitos atau memang benar adanya? 

Air putih memang memberikan segudang manfaat bagi tubuh manusia. Bukan hanya sebagai kesehatan, tapi air putih juga sangat membantu proses penurunan berat badan Anda. Nah, balik lagi ya Sobat PDAM Pintar, pernyataan ini tidak mengartikan bahwa satu-satunya faktor yang bisa membuat diet Anda berhasil adalah air putih ya. Maksud pernyataan ini adalah memang air putih bisa membantu penurunan berat badan, namun yang terjadi ini hanya dalam bentuk berat air dan glikogen (karbohidrat yang tersimpan), bukan kehilangan lemak yang sebenarnya. 

Jadi, apakah memang benar air putih memiliki kemampuan sehebat itu untuk mengurangi berat badan? Simak penjelasannya disini. 

Seberapa besarkah pengaruh air putih bagi para pejuang diet? 

Air putih memang memegang peranan penting dalam proses melangsingkan tubuh. Apalagi mereka yang mengalami penumpukan cairan dalam tubuhnya, dengan meningkatkan konsumsi air putih akan sangat membantu mengeluarkan racun melalui urin. Mengonsumsi satu atau dua gelas air sebelum makan juga bisa menjadi alternatif lainnya yang bisa membuat perut Anda terasa lebih penuh sehingga ketika akan menyantap makanan, nafsu makan Anda menjadi lebih tertahan. Proses ini sejatinya tidak akan membuat tubuh Anda langsing seketika karena hanya akan membantu proses detoksifikasi dan pengurangan penumpukan cairan. 

Kenapa sebenarnya air putih selalu dikaitkan dengan berat badan? 

Manusia selalu beraktivitas dan mengakibatkan munculnya rasa lelah. Rasa lelah ini menguras energi dan tenaga manusia yang kemudian menimbulkan rasa lapar. Ketika rasa lapar ini hadir, dorongan pertama yang kalian lakukan adalah langsung makan, bukan? Padahal sebenarnya ini berawal dari haus yang dipicu oleh dehidrasi ringan yang sering disalahartikan sebagai rasa lapar oleh otak manusia. Inilah yang menjadi salah satu penjelasan kenapa air putih selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan. 

Tapi, apa saja manfaat minum air putih yang selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan? Ini penjelasannya.  

Manfaat Air Putih dan Hubungannya dengan Penurunan Berat Badan 

Membakar kalori 

Air putih dipercaya bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh Anda. Bahkan beberapa penelitian menyatakan dengan mengonsumsi air putih sebanyak 1 – 1,5 liter setiap hari selama beberapa minggu ternyata ampuh menurunkan berat badan, indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang dan lemak yang ada dalam tubuh Anda. 

Meningkatkan metabolisme 

Air putih merangsang termogenesis atau produksi panas di dalam tubuh manusia, terutama ketika suhu dingin. Tubuh akan terus mengeluarkan energi yang digunakan untuk menghangatkan cairan ke suhu tubuh. Artinya, semakin banyak energi yang dikeluarkan tubuh, maka proses metabolisme semakin cepat terjadi. Inilah yang menyebabkan pernyataan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme yang hasilnya membantu manusia dalam mengelola berat badan. 

Rasa lapar dikontrol 

Perlu Anda ketahui bahwa rasa lapar tidak selalu muncul karena tidak ada asupan makanan yang masuk. Tetapi, ini juga bisa dipicu karena stres, gugup atau dehidrasi. Berawal dari sinilah para ahli berpikir bahwa minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan. 

Sebuah penelitian di Oxford pada tahun 2015 juga menunjukkan bahwa mereka yang tergolong orang dewasa yang minum 500 mL air 300 menit sebelum makan cenderung lebih sedikit untuk makan. Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa minum air putih sebelum makan dapat membuat perut menjadi terisi tanpa adanya tambahan asupan kalori yang jahat. Secara otomatis, Anda akan makan lebih sedikit dan berat badan menjadi turun secara perlahan. 

Jadi, air putih memang dipercaya mampu menghadirkan efek mengenyangkan bagi tubuh manusia sehingga membantu Anda dalam mengontrol hasrat makan yang tidak terkontrol ini. Tapi, Sobat PDAM Pintar, ingat baik-baik bahwa air putih bukanlah satu-satunya komponen yang sangat ampuh dan efektif menurunkan berat badan. Anda masih tetap harus melakukan diet ketat secara disiplin yang juga diimbangi dengan olahraga secara teratur untuk merealisasikan berat badan yang ideal. Ini karena khasiat yang dibawa oleh air putih ke dalam tubuh manusia hanya sebatas detoksifikasi dan pembakaran lemak serta kalori. 

Reference: 

Recent Posts

Categories