Cara Mudah Mengetahui Kualitas Air

Kualitas Air

Air merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia, karenanya mengonsumsi air yang bersih menjadi faktor keharusan tersendiri. Lalu bagaimana cara mengetahui suatu air bersih atau tidak?

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui air tersebut bersih atau tidak. Mulai dari cara yang sederhana hingga cara yang lebih rumit yang dapat mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada air tersebut. Berikut ini cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengetahui air bersih atau tidak.

Tingkat Kekeruhan Air

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui air tersebut bersih atau tidak adalah dengan melihat tingkat kekeruhannya. Apabila air tersebut keruh, maka hampir dipastikan bahwa kualitas air tersebut tidak baik.

Kekeruhan air ini sangat berpengaruh terhadap kualitas air tersebut, karena itu menandakan adanya sejumlah partikel dalam konsentrasi tinggi di dalam air. Partikel-partikel tersebut bisa saja berupa material hasil dari sedimentasi, berbagai jenis polutan bahkan tanda adanya bakteri.

Tidak heran jika air keruh memastikan kualitas air yang buruk. Bahkan, air keruh bisa membahayakan kesehatan manusia. Air seperti itu berpotensi mengandung patogen dan mikroba yang dapat memicu sejumlah penyakit.  

Warna Air

Kualitas air bersih juga dapat dilihat dari warnanya. Tentunya Anda disarankan untuk memilih air dengan warna yang tidak terlalu pekat. Selama ini, air yang baik dipersepsikan sebagai air yang tidak berwarna sama sekali. 

Padahal, hal tersebut tidak dapat dikatakan benar sepenuhnya. Karena air yang memiliki kualitas yang baik juga bisa mengandung warna tertentu. Warna ini mengindikasikan kandungan partikel yang ada di dalamnya. Bisa jadi kandungannya justru bermanfaat, sehingga kerap kali air mineral memiliki warna tertentu. Akan tetapi, untuk memastikan air minum tetap baik, pilih air yang tidak berwarna kuat dan pekat. Meski ada warna lain yang menyertai, air harus tetap terlihat bening.

Periksa Bau Air

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menilai kualitas air adalah dengan mencoba mencium aromanya. Untuk air dengan kualitas yang baik tidak memiliki bau sama sekali. Aroma tidak sedap yang keluar bisa menjadi tanda air tersebut terkontaminasi beragam hal.

Untuk melakukan pengujian sangat mudah, Anda cukup mengambil satu gelas air. Lalu gerakkan tangan di atasnya sembari mencium baunya. Apabila tercium ada bau mengganggu, besar kemungkinan air sudah tercemar.

Recent Posts

Categories