Mengenal Manfaat Air Sebagai Sumber Energi

manfaat-air-sebagai-sumber-energi

Air menjadi sumber daya penting dalam kehidupan bumi sekaligus menjadi sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu kala. Salah satunya digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). 

Air dikatakan sebagai sumber energi karena air terus bergerak melalui siklus hidrologi. Pergerakan air terus bergerak dan gerakannya dapat menghasilkan energi alami. Energi inilah yang dijadikan sebagai salah satu sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan karena diperoleh dari aliran air yang mengalir. 

Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat air sebagai sumber energi? Mari simak penjelasannya dibawah ini!

Manfaat Air Sebagai Sumber Energi 

Sebagai sumber energi terbarukan yang memegang peranan penting, air memiliki sejumlah manfaat yaitu: 

Berkelanjutan 

Manfaat air sangatlah besar, salah satunya dari segi keberlanjutannya. Artinya, air dapat digunakan untuk menghasilkan energi tapi tidak mengurangi ketersediaannya hingga di masa mendatang. Hal ini menjadi begitu penting bagi keberlanjutan lingkungan, karena sumber energi yang sifatnya tidak berkelanjutan seperti bahan bakar fosil yang suatu saat bisa saja habis. 

Efisien 

Air bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi secara efisien yang artinya dapat menghasilkan lebih banyak energi dengan jumlah air yang lebih sedikit. Dengan efisiensi yang diberikan oleh sumber energi ini tentunya dapat mengurangi biaya produksi listrik. Selain itu, juga dapat mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan pembangkit listrik tenaga air, seperti emisi gas rumah kaca dan perubahan iklim. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa efisiensi menjadi aspek penting dari pemanfaatan air sebagai sumber energi yang berkelanjutan. 

Ramah lingkungan 

Air sebagai sumber energi menyalurkan sifat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan lainnya. Inilah yang menjadikan pilihan yang menarik untuk memerangi perubahan iklim dan melindungi lingkungan. Dengan begitu, manfaat ramah lingkungan ini mampu memberikan manfaat seperti: 

  • Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca: PLTA tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida, yang dapat mempengaruhi perubahan iklim. Inilah yang menjadikan air sebagai sumber energi yang dikatakan bersih dan berkelanjutan. 
  • Tidak menghasilkan polutan udara: PLTA tidak mengeluarkan polutan udara, seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida, yang dapat menyebabkan permasalahan pada pernapasan dan menimbulkan berbagai penyakit lainnya. Maka, artinya air sebagai sumber energi dapat memberikan sumber yang sehat dan aman bagi masyarakat yang menggunakannya. 
  • Tidak menghasilkan limbah berbahaya: PLTA itu tidak menghasilkan limbah berbahaya yang dapat mencemari lingkungan, seperti limbah nuklir atau limbah batu bara. Jadi, ini menjadi manfaat air sebagai sumber energi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. 

Terbarukan 

Sebagai sumber energi terbarukan, air dapat diperbaharui secara alami dan akan terus ada selama siklus air terus berlangsung. Manfaat air sebagai sumber energi yang terbarukan sangat berperan besar. Ini karena air dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, panas dan bahan bakar. 

Air sebagai sumber energi berperan penting untuk masa depan energi yang berkelanjutan. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berharga ini, artinya kita dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, memastikan keamanan energi, dan menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera. 

Reference: 

Recent Posts

Categories