Ini Dia Syarat Pemasangan Baru PDAM !

Pemasangan Baru PDAM

Ada begitu banyak sekali kegiatan rumah tangga yang tentunya memerlukan air bersih. Untuk mendapatkan dan menggunakan air bersih, masyarakat bisa menggunakan jasa dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang bertugas untuk mendistribusikan air bersih di berbagai daerah.

Masyarakat yang ingin menggunakan jasa dari PDAM bisa menyesuaikan tipe langganan sesuai dengan tipe rumah seperti kelompok sosial umum, rumah sederhana, instansi pemerintah, niaga, dan industri. Serta ada beberapa peraturan yang berbeda dari PDAM di setiap daerah yang harus diikuti untuk dapat berlangganan air bersih.

Baca juga: Mari Mengenal Non Revenue Water!

Lantas, bagaimana cara kita untuk berlangganan dan memasang sambungan baru PDAM ? Nah, berikut ini syarat dan cara untuk berlanggan air bersih di PDAM.

Mengisi Formulir Pendaftaran PDAM

Langkah awal guna mengurus pemasangan baru PDAM merupakan mengisi formulir pendaftaran serta menyerahkan sebagian dokumen. Persyaratan dokumen yang diperlukan juga tidak sangat banyak, antara lain:

  • Fotokopi KTP ataupun fotokopi akta pendirian perusahaan
  • Fotokopi AJB( Akta Jual Beli)
  • Fotokopi PBB tahun terakhir ataupun surat keterangan dari kelurahan setempat
  • Menyertai materai Rp6.000
  • Menyerahkan surat kuasa bila mewakili instansi ataupun perusahaan

Mendatangani SPL

Lagkah kedua, kalian wajib menandatangani Surat Permohonan Langganan( SPL) yang merupakan bawah perjanjian antara para calon pelanggan air bersih dengan pihak PDAM. Isi dari SPL merupakan uraian terperinci mengenai kewajiban, hak, serta tanggung jawab baik dari pihak pelanggan ataupun PDAM.

Membayar Biaya Pendaftaran

Untuk memakai jasa PDAM, kalian bakal dikenakan biaya pendafataran sebesar Rp50.000. Perlu diingat kalau biaya ini tidak bisa dikembalikan jikalau kalian membatalkan permintaan buat berlangganan.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membuat Penyaring Air Sederhana !

Survey Bangunan

Berikutnya pihak PDAM bakal melaksanakan survey pada lokasi yang ingin dilakukan pemasangan. Survey ini dilakukan buat mengetahui apakah bangunan yang mau dipasang pipa PDAM masuk ke dalam jangkauan perusahaan serta sumber air, serta juga buat memastikan tipe rumah ataupun bangunan supaya ada kejelasan mengenai biaya registrasi serta jenis pipa yang hendak digunakan.

Membayar Biaya Pemasangan PDAM

Biaya pemasangan pipa PDAM berbeda- beda di tiap daerahnya, namun secara umum biaya yang dikenakan kepada pelanggan mencakup sebagian perihal ini:

  • Biaya peralatan
  • Bayaran pemeliharaan jaringan
  • Biaya tanggungan air
  • Biaya administrasi
  • Biaya perencanaan

Biaya sambungan( pekerjaan tanah serta perbaikan fasilitas rumah, upah pemasangan, serta biaya transport)

Membagikan Bukti Pembayaran

Sehabis kalian membayar biaya pemasangan yang sudah didetetapkan, kalian wajib membagikan fakta pembayaran pemasangan. Buat metode pembayarannya sendiri dibedakan berdasarkan persyaratan serta ketentuan dari PDAM di tiap- tiap daerah. Jadi, coba cek dari web PDAM resmi wilayah kalian.

Baca juga: Pembacaan Meteran dengan Teknologi Masa Kini

SPK( Surat Perintah Kerja)

Surat Perintah Kerja( SPK) bakal dikeluarkan oleh pihak PDAM bila calon pelanggan telah melakukan pembayaran, menyerahkan bukti pembayaran, serta rumah ataupun bangunan yang didaftarkan telah dilakukan survey oleh pihak PDAM.

Pemasangan Sambungan Baru

Bila seluruh langkah- langkah di atas telah dicoba, pihak PDAM hendak melaksanakan pemasangan sambungan pipa PDAM. Pemasangan ini bakal dilakukan segera oleh pihak PDAM serta paling lambat dilakukan 6 hari kerja sehabis pelanggan melunasi biaya penyambungan serta menyerahkan bukti pembayarannya.

Recent Posts

Categories