Manfaat Air Dingin Ternyata Sehat!

manfaat air dingin

Air Dingin sering dihindari karena dianggap tidak sehat dan bisa menyebabkan penyakit, seperti batuk dan pilek. Hal ini disebabkan karena suhunya yang rendah sehingga terasa dingin, maupun higienitas es batu yang sering dipertanyakan. 

Banyak orang yang memilih mengkonsumsi air hangat atau air bersuhu biasa yang dianggap lebih sehat dan nyaman. 

Namun, air es atau air dingin sebenarnya memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, loh!

Baca juga: Manfaat Air Bersih, Apa Saja Ya?

Berapa Suhu Air yang Tepat?

Menurut ahli gizi, suhu air sebenarnya tidak menjadi acuan utama, karena yang harus diutamakan adalah mencukupi kebutuhan asupan cairan. Setiap harinya, manusia harus memenuhi kebutuhan cairan sekitar 1,5-2 Liter. 

Selama asupan cairan terpenuhi, maka suhu air tidak menjadi masalah, asalkan disesuaikan dengan kondisi sekitar. Ini karena perbedaan suhu air memang memiliki dampak yang berbeda terhadap suhu tubuh. Misalnya, ketika cuaca sedang dingin dan bersuhu rendah, tentu lebih nyaman meminum minuman yang bersuhu hangat karena akan meningkatkan suhu tubuh.

Lantas, apa saja manfaat air es bagi kesehatan?

Air Dingin untuk Mencegah Heat Stroke

Heat Stroke atau Serangan Panas adalah ketika tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan karena peningkatan suhu. Ketika mengalami serangan panas, suhu tubuh dapat meningkat secara tiba-tiba yang menyebabkan pusing, kulit memerah, mual, kram bahkan hingga jantung berdebar dan pingsan.

Manusia dapat mengalami heat stroke apabila tubuh tidak menghadapi suhu tinggi dengan baik. Untuk mengurangi atau mencegah heat stroke, dianjurkan minum air es atau air dingin saat musim panas atau cuaca dengan suhu tinggi.

Baca juga: Info Bayar Tagihan Air Secara Digital

Air Dingin untuk Menyegarkan Tubuh setelah Olahraga/Aktivitas Berat

Salah satu manfaat air es adalah efeknya yang menyegarkan. Selain diminum saat cuaca panas, air es juga dianjurkan untuk diminum setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat. 

Olahraga atau aktivitas berat meningkatkan suhu tubuh dan membuat badan berkeringat karena pembakaran energi yang lebih banyak daripada aktivitas biasa. Keringat dan pembakaran kalori yang lebih banyak juga dapat menyebabkan dehidrasi karena terbuangnya cairan. Air es dapat membantu menghidrasi tubuh dan mengurangi dampak peningkatan suhu tubuh setelah aktivitas berat. 

Menurunkan Berat Badan

Air es dapat menurunkan berat badan karena tubuh otomatis akan berusaha menghangatkan air yang diminum. Hal ini menyebabkan pembakaran kalori untuk menunjang proses metabolisme tubuh.  Maka, dianjurkan untuk minum air es sebelum makan agar dapat membantu menurunkan berat badan. 

Meredakan Nyeri Otot, Demam, dan Rasa Sakit

Manfaat air dingin lainnya adalah meredakan nyeri otot, demam, maupun rasa sakit lainnya. Caranya adalah dengan membuat kompres dari air yang sudah dibasahi dengan air es. 

Air es dapat mengurangi inflamasi yang terjadi akibat nyeri otot, sehingga sering menjadi pertolongan pertama pada cedera otot ataupun rasa sakit akibat inflamasi. Selain itu, air dingin juga dapat menurunkan suhu tubuh sehingga kompres dingin menjadi pertolongan pertama ketika demam. 

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membaca Meteran Air di Rumah

Itu dia manfaat-manfaat air dingin bagi kesehatan! Jadi, air dingin juga sama sehatnya dengan air hangat, loh! Mari rasakan manfaat air dengan PDAM Pintar!

Recent Posts

Categories