Pentingnya Air Bersih Bagi Tubuh Manusia

Air Bersih

Air merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh makhluk hidup di dunia, tak terkecuali manusia. Dalam kehidupan sehari-hari seluruh kehidupan manusia pasti selalu berhubungan dengan air, mulai dari mandi, konsumsi air, hingga mencuci pakaian dan perabotan pun manusia menggunakan air dalam aktivitasnya. Namun tahukah kamu apakah selama ini air yang kamu gunakan sudah cukup bersih untuk digunakan? Karena menurut Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran Heti Herawati Pentingnya menggunakan air bersih untuk aktivitas adalah menghindari berbagai resiko timbulnya penyakit seperti kolera, tifus dan penyakit lainnya. 

Kemudian disampaikan juga oleh Zahidah Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran bahwa kualitas air yang buruk dapat menurunkan kualitas hidup manusia, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri, logam berat atau bahkan pencemar lainnya. Lalu bagaimana cara kita menjaga kualitas air agar selalu bersih di lingkungan hunian kita?

Merupakan tanggung jawab bersama dalam menjaga kualitas air bersih di lingkungan kita. Kita diberi alternatif untuk menggunakan jasa PDAM dalam menyediakan air bersih atau bisa saja menggunakan filter air sendiri sebagai opsi. Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan agar tetap terus menjaga kualitas air tetap bersih:

Membangun saluran air 

Saat terjadi hujan, air yang melintasi jalan pemukiman akan mengalir ke saluran air seperti got atau seloka. Jika sekitar hunian mu tidak memiliki saluran air yang memadai akan terjadi genangan air sehingga dapat memancing banyak kuman dan bakteri berkumpul disekitar genangan air. Nah, jika sekitar hunian mu sudah tersedia saluran air bersihkan secara berkala agar tidak memicu banjir jika terjadi hujan yang cukup deras.

Jaga kebersihan kamar mandi dan toilet

Usahakan untuk tidak membuang barang-barang yang dapat menyumbat saluran air atau ke dalam kloset. Hal tersebut dapat menyumbat aliran air dan dikemudian akan menghambat proses sirkulasi air. Kemudian untuk kamu yang memiliki bak mandi atau penampungan air usahakan untuk memebersihkannya secara berkala karena penampungan air sangat rentan oleh kuman dan bakteri. Bagi kamu yang sudah menggunakan shower juga jangan lupa sering melakukan pengecekan secara berkala karena shower cukup sering berlumut.

Menggunakan filter air

Salah satu cara memfiltrasi air sebelum dialirkan ke hunian adalah dengan memasang filter air. Filter air tersedia di pompa air dan di keran air, dengan memiliki sistem filter air hunian kamu menjadi lebih sehat dan bersih karena air yang teraliri sudah dipastikan baik. 

Pisahkan jarak sumber air dengan tempat pembuangan sampah

Memberi jarak yang cukup akan melindungi sumber air di hunian mu terjaga dari kuman dan bakteri. Karena seperti yang kita tahu, tempat pembuangan sampah adalah tempat berkumpulnya sumber penyakit sehingga minimal kamu harus memberi jarak pada sumber air mu setidaknya 10 meter. 

Nah, berikut tips dari PDAM Pintar agar air di hunian mu tetap terjaga kebersihannya. Mudah bukan? Dengan kamu menjaga kualitas air bersih maka akan terciptanya lingkungan yang sehat bagi keluarga.  Jika kamu sudah berhasil menjaga kebersihan air, jangan lupa dalam penggunaan air harus berhemat ya.

Recent Posts

Categories