Tips Memilih Sebuah Pekerjaan yang Tepat !

Memilih Sebuah Pekerjaan

Ketika sedang mencari pekerjaan dan membaca iklan info lowongan kerja di surat kabar maupun media lainnya, mungkin Anda seringkali ada beberapa pertanyaan yang terlintas di pikiran seperti: Ini perusahaan apa ya? Bagus gak ya perusahaan ini? Gajinya berapa ya, dan lain sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang wajar, karena apabila Anda melamar pekerjaan kemudian diterima dan mulai bekerja, nantinya secara tidak langsung Anda menggantungkan masa depan kita pada perusahaan tersebut. Tentunya Anda tidak mau bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi bukan ? Siapapun pasti ingin bekerja di perusahan idaman.

Sebelum memutuskan melamar pekerjaan di suatu perusahaan, ada baiknya memang Anda mengetahui profil perusahaan tersebut. Selain itu memilih sebuah pekerjaan yang sesuai juga tidak memulu  pada nilai gaji yang diberikan saja. Apabila memilih sebuah pekerjaan dengan gaji yang besar namun malah memiliki konsekuensi yang besar, apalagi ditambah tidak sesuai minat, hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk menjalani pekerjaan tersebut.

Maka dari itu, memilih pekerjaan tidak boleh dilakukan asal-asalan, karena hal ini akan membuat Anda terjebak dalam zona yang tidak nyaman selama bertahun-tahun. Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat  memilih pekerjaan yang harus Anda ketahui.

Minat Serta Kemampuan

Kriteria pertama yang harus Anda ketahui adalah dengan mencari pekerjaan berdasarkan dengan minat serta kemampuan yang Anda miliki. Untuk memilih sebuah pekerjaan, memiliki kemampuan dalam bidang tersebut memang menjadi kriteria yang paling penting agar dapat menunjang kualitas nantinya.

Tak hanya itu, minat juga berperan sangat penting dalam hal memilih suatu pekerjaan. Akan menjadi hal yang cukup merepotkan dan membebani Anda apabila Anda memilih sebuah pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat ataupun kemampuan Anda. Tak hanya bermasalah pada kejiwaan Anda saja, namun hal ini juga berakibat pada kualitas kerja.

Ada berbagai macam metode yang dapat Anda lakukan untuk bisa mengetahui pekerjaan apa yang cocok berdasarkan minat dan juga kemampuan yang Anda miliki. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan berbagai macam tes untuk mengetahui minat serta kemampuan dalam mencari pekerjaan secara online. Untuk memastikan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan minat Anda, alangkah baiknya Anda tanyakan seputar deskripsi pekerjaan tersebut pada saat Anda wawancara kerja.

Standar Gaji

Salah satu tujuan utama dalam bekerja sudah pasti adalah gaji. Setiap perusahaan punya standar gaji yang berbeda meski untuk jabatan yang sama, yang disesuaikan dengan kemampuan finansial perusahaan. Semakin tinggi standar gaji, semakin bergengsi perusahaan dan akan semakin diminati oleh para pelamar kerja.

Akan tetapi, sebagian besar orang mungkin akan terlena dengan kriteria memilih pekerjaan yang satu ini. Bagaimana tidak? Sebagian orang pasti akan memilih sebuah pekerjaan dengan gaji yang tinggi namun tidak mempertimbangkan resiko yang akan diterimanya kelak. Alhasil, banyak orang yang memilih keluar dari pekerjaan tersebut atau malah merasa menyesal selama bertahun-tahun.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan gaji yang diperoleh serta berbagai macam konsekuensi yang akan Anda terima. Sebaiknya carilah sebuah pekerjaan dengan gaji yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda yang harus dipenuhi serta kepuasan pribadi yang harus dipenuhi. Tak lupa, pastikan Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka perusahaan akan memberikan hak sesuai dengan kemampuan Anda.

Jenjang Karir

Kriteria selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah perihal jenjang karir. Salah satu bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawan adalah kenaikan jabatan. Semakin tinggi jenjang karir akan memotivasi setiap orang untuk bekerja lebih baik. 

Status Kepegawaian

Status pegawai juga menjadi salah satu tolak ukur dalam mencari perusahaan idaman karena dianggap memberikan kepastian masa depan. Sebagian besar pelamar lebih memilih perusahaan dengan sistem pegawai tetap. Sebaliknya perusahaan dengan sistem pegawai kontrak atau outsourcing kurang begitu diminati.

Skala Perusahaan

Skala/ukuran perusahaan juga menjadi salah satu penilaian kriteria perusahaan idaman. Apakah itu perusahaan asing, swasta , atau bumn, banyak sedikitnya kantor cabang, besarnya laba/rugi, banyak sedikitnya jumlah karyawan adalah beberapa faktor yang sering dijadikan penilaian skala perusahaan.

Recent Posts

Categories