Apa itu Bacameter PDAM Pintar ?

Bacameter

Bacameter merupakan salah satu dari 12 modul PDAM Pintar yang membantu proses kerja di PDAM. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan review dari proses-proses yang berkaitan dengan pembaca meter PDAM, dimana user dapat melakukan verifikasi data di dalamnya. Selain dapat diakses melalui desktop atau komputer,  aplikasi Bacameter juga dapat diakses melalui SmartPhone dengan menggunakan aplikasi mobile. 

Aplikasi Desktop Sistem Kontrol

Bacameter secara garis besar terdiri dari 2 (dua) aplikasi yang saling berkaitan yaitu sistem kontrol dan supervisi.  Aplikasi ini dapat diakses melalui aplikasi yang sudah terinstal pada komputer. Di aplikasi ini user dapat mengakses berbagai menu mulai fitur utama, laporan hingga log akses.

Aplikasi Sistem Kontrol ini berfungsi untuk mengatur segala pembacaan dilapangan, mulai dari sinkron, penjadwalan sampai create periode pembacaan baru setelah itu baru dilakukan pembacaan dilapangan dengan aplikasi mobile Bacameter.

Aplikasi Bacameter

Aplikasi Bacameter merupakan aplikasi mobile yang digunakan oleh user untuk mencatat stan meter pelanggan yang ada di lapangan.  Nantinya data yang sudah dicatat selanjutnya akan dikirim atau diupload ke server dan nantinya dapat diolah melalui aplikasi supervisi desktop. Dalam melakukan pencatatan stan meter, user dapat menggunakan beberapa metode pencatatan mulai dari menggunakan Photo Meter, Scan Barcode sampai dengan input nomor sambungan.

Aplikasi Supervisi Desktop

Aplikasi Supervisi merupakan interface untuk melakukan pengolahan data pembacaan water meter pelanggan. Melalui aplikasi Supervisi ini, foto water meter dan rumah pelanggan bisa dilihat secara statis maupun dinamis dengan video ( jika terjadi kelainan atau kerusakan pada water meter pelanggan yang tidak cukup dibuktikan hanya dengan foto, bisa direkam menggunakan aplikasi Bimasakti Meter Reading System atau yang disingkat BSMRS ).

Pengolahan data yang yang dapat dilakukan di aplikasi ini mulai dari pengecekan stan meter yang minus, terdapat kelainan yang memungkinkan petugas baca tidak mendapat stan meter dilapangan dan lain sebagainya. Setelah dilakukan pengolahan dan koreksi data tahap akhir yaitu dengan verifikasi maka selanjutnya data dapat ditarik menjadi DRD setiap bulannya.

Recent Posts

Categories