Modul Akuntansi untuk Transaksi Keuangan yang Lebih Mudah

Modul Akuntansi

Modul akuntansi merupakan salah satu dari 12 Modul Sistem Informasi Terintegrasi dari PT. Bima Sakti Alterra yaitu PDAM PINTAR. Modul akuntansi dikembangkan untuk memudahkan bagian akuntansi dan keuangan untuk melakukan proses pembukuan, pembuatan jurnal, dan penulisan laporan Bulanan yang berkaitan dengan transaksi keuangan di PDAM atau PERUMDA Air Minum.

Modul akuntansi dilengkapi 6 menu utama yaitu : master akun, jurnal, penyusutan, posting akun, laporan akun, dan pengaturan. Dari beberapa menu utama tersebut dibagi lagi menjadi 12 sub menu yang dilengkapi berbagai macam fitur yang dapat memudahkan proses administrasi di bagian akuntansi.

Menu master akun dibagi menjadi 3 sub menu yaitu sub menu perkiraan, interaksi, dan saldo anggaran. Submenu perkiraan yang berfungsi untuk melakukan set awal kode akuntansi dan dikelompokkan untuk memudahkan penyusunan laporan. Selanjutnya submenu interaksi berfungsi untuk menghubungkan data pelayanan, persediaan, dan penyusutan dengan kode akuntansi yang telah dibuat. Pada umumnya setiap PDAM memiliki data anggaran laba rugi dan anggaran perputaran uang yang dapat diinputkan pada submenu saldo anggaran.

Modul akuntansi menyediakan 7 jurnal yang dikelompokkan menjadi 4 submenu yaitu submenu rekening, instalasi, kas dan umum. Submenu rekening akan menampilkan data yang berkaitan dengan rekening air yang dikelompokkan berdasarkan golongan pelanggan dan rekening nonair yang dikelompokkan berdasarkan jenis nonairnya. Pada sub menu instalasi akan ditampilkan data pemakaian bahan instalasi kimia dan daftar voucher yang sudah dibayarkan maupun yang masih menjadi hutang. Selanjutkan submenu kas yang berkaitan dengan keluar masuknya uang di PDAM dan terakhir submenu umum yang digunakan untuk melakukan penyesuaian apabila terdapat jurnal yang salah atau tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Seluruh aset tetap yang dimiliki oleh PDAM dapat dilakukan proses penyusutan secara otomatis melalui menu penyusutan pada modul akuntansi. Proses penyusutan ini merupakan proses pengalokasian sebagian harga dari perolehan aset tetap berwujud atau beban yang dikeluarkan secara berkala selama waktu pemakaian aset tersebut yang dibebankan setiap periode akuntansi

Seluruh aset tetap yang dimiliki oleh PDAM dapat dilakukan proses penyusutan secara otomatis melalui menu penyusutan pada modul akuntansi. Proses penyusutan ini merupakan proses pengalokasian sebagian harga dari perolehan aset tetap berwujud atau beban yang dikeluarkan secara berkala selama waktu pemakaian aset tersebut yang dibebankan setiap periode akuntansi

Setelah proses posting bulanan dilakukan barulah data yang diposting dapat ditampilkan pada submenu cetak buku dan submenu laporan bulanan. Cetak buku digunakan apabila PDAM ingin memeriksa rincian dan balance antara laporan debet dan kredit yang tercatat di dalam buku besar. Pada submenu laporan bulanan data dikelompokkan lagi menjadi utama dan laporan pembantu.

Laporan utama pada menu laporan akun terdiri dari laporan neraca akhir yang merupakan neraca dari akhir sebuah siklus akuntansi, laporan laba rugi yang menjelaskan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu, laporan perputaran uang yang berisi informasi penerimaan dan pengeluaran kas dari seluruh kegiatan perusahaan, dan laporan perubahan equitas yang digunakan untuk menampilkan nilai akhir modal perusahaan. Selain laporan utama juga terdapat laporan pembantu yang didapat ditampilkan oleh PDAM apabila ingin mengetahui rincian setiap data pada laporan utama.

Menu terakhir pada modul akuntansi adalah menu pengaturan yang berfungsi untuk mengatur pengelolaan data yang ada di dalam sistem dan pengelolaan penggunaan aplikasi. Beberapa bentuk pengelolaannya seperti mengelola daftar posting, tanda tangan pegawai, hak akses pegawai dan log akses pengguna aplikasi. Pada menu pengaturan juga disediakan fitur backup database yang dapat digunakan secara berkala untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan perangkat maupun kehilangan data.

Seluruh data yang ditampilkan pada modul akuntansi sudah terintegrasi dengan modul-modul PDAM PINTAR lainnya. Setiap data yang ditampilkan pada aplikasi perlu untuk dilakukan pengecekan kembali oleh pegawai PDAM bagian akuntansi khususnya karena terdapat istilah diakuntansi “Balance belum tentu sama”.

Recent Posts

Categories