Modul Distribusi Untuk Pencatatan Hasil Kerja Lapangan yang Lebih Sistematis

modul distribusi

Bagian Distribusi merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan kunci di dalam PDAM guna membantu perusahaan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bagian distribusi bersama dengan bagian hubungan langganan saling bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan melalui alur yang sudah ditetapkan kemudian saling terintegrasi untuk bertukar data dan informasi, sehingga PDAM diharapkan mampu meraih tujuan sesuai dengan  visi dan misi yang telah ditetapkan.

Perkembangan teknologi dalam 1 dasawarsa terakhir begitu pesat hadir dalam setiap lini kehidupan masyarakat. Dengan teknologi, segala pekerjaan dapat dikerjakan dengan lebih efisien, transparan dan saling terhubung. Dalam lingkup PDAM, PDAM Pintar menghadirkan modul Distribusi dalam bentuk aplikasi yang dirancang untuk dapat membantu PDAM. Dengan berbagai fitur yang ada di modul Distribusi, PDAM dapat mengelola segala aspek yang berhubungan dengan SPK (Surat Perintah Kerja) yang sebelumnya sudah diproses pada bagian HUBLANG (Hubungan Langganan). Modul Distribusi memiliki peran yang signifikan sebagai bagian dari tindak lanjut segala permohonan yang masuk dari bagian hubungan langganan sehingga segala proses kerja yang ada di PDAM dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk diketahui selama ini beberapa PDAM memiliki beberapa kesulitan dalam melakukan pelaporan hasil kerja lapangan baik itu laporan yang datang terlambat. Sehingga hal tersebut menjadi kurang efisien dalam memberikan hasil laporan kerja, maupun transparansi setelah melakukan pelaporan. Dengan modul Distribusi diharapkan PDAM mampu membuat proses pencatatan hasil kerja lapangan dapat dilakukan secara sistematis, terkomputerisasi dan terintegrasi. Adapun beberapa fitur dalam modul ini antara lain :

  1. Fitur untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) dan Berita Acara terkait penyegelan yang berasal dari permohonan pelanggan maupun karena tunggakan pelanggan yang tidak terlunasi, dimana permohonan tersebut sebelumnya sudah di-inputkan pada aplikasi HUBLANG (Hubungan Langganan).
  2. Fitur untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) dan Berita Acara proses penutupan pelanggan air, baik penutupan yang berasal dari pelanggan maupun penutupan karena tunggakan yang tidak bisa dilunasi sama seperti sebelumnya semua permohonan berasal dari aplikasi Hubungan langganan.
  3. Memiliki fitur untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) dan Berita Acara buka segel pelanggan air.
  4. Fitur untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) dan Berita Acara proses penyambungan kembali pelanggan air.
  5. Ganti meter rutin untuk pergantian meter rutin yang dilakukan setiap 5 tahun sekali.
  6. Ganti meter non rutin untuk pergantian meter dengan kelainan tertentu dengan biaya yang dibebankan kepada pelanggan.
  7. Fitur untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) dan Berita Acara sambungan baru.
  8. Fitur untuk untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) dan Berita Acara terkait pengaduan – pengaduan yang datang dari pelanggan atau non pelanggan.
  9. Fitur untuk membuat SPK (Surat Perintah Kerja) dan Berita Acara pengiriman air tangki yang dikirimkan ke pelanggan maupun non pelanggan.
  10. Fitur untuk memproses permohonan rubah rayon.

Modul Distribusi dari PDAM Pintar dapat membantu para stakeholder terkait dalam memantau dan mengontrol segala proses kerja utama yang terjadi di PDAM seperti memantau seberapa jauh proses kerja yang sudah berjalan, semua dilakukan dalam satu aplikasi yang telah terhubung dan terintegrasi. Selain itu penggunaan modul distribusi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

Recent Posts

Categories