Modul Hublang untuk Membantu PDAM

Modul Hublang

Modul Hubungan langganan disingkat Hublang merupakan salah satu bagian dari 12 modul  sistem terpadu PDAM Pintar. Secara umum, modul ini digunakan untuk membantu petugas hubungan langganan dalam menangani pelayanan-pelayanan dari PDAM kepada pelanggan maupun non pelanggan PDAM. Modul ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur untuk menunjang operasional bagian hubungan langganan untuk dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan maupun non pelanggan PDAM.

Baca juga: Mari Mengenal Non Revenue Water!

Secara garis besar, terdapat 2 fungsi utama dari modul Hublang yaitu fitur untuk pengelolaan data pelanggan dan layanan administrasi pelanggan. Fitur-fitur pengelolaan data pelanggan meliputi: 

  • Data Pelanggan
    Berfungsi untuk menampilkan detail dari masing-masing pelanggan PDAM mulai dari nama, nomor sambungan, alamat, rayon, golongan, dan lain sebagainya.
  • Histori Pembacaan Meter
    Membantu petugas hubungan langganan untuk melihat informasi terkait rekam pembacaan meter air pelanggan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Fitur ini dapat membantu petugas hubungan langganan untuk memeriksa rekaman hasil baca pelanggan untuk mempercepat proses permohonan koreksi rekening yang diajukan oleh pelanggan.
  • Histori Pembayaran
    Semua riwayat pembayaran yang sudah pernah dilakukan oleh pelanggan bisa dilihat melalui fitur Modul Hublang tanpa membuka modul lain. Fitur ini juga dapat mempercepat proses permohonan yang membutuhkan pelanggan untuk membayar seluruh tunggakan pada saat mengajukan permohonan
  • Tagihan
    Fitur Tagihan ini dapat digunakan untuk melihat tagihan yang belum dilunasi oleh pelanggan. Dengan fitur ini, petugas hubungan langganan dapat memberikan informasi terkait jumlah total tunggakan kepada pelanggan yang hendak mengajukan permohonan pelayanan dari PDAM.
  • Histori BA
    Merangkum seluruh berita acara pelayanan yang sudah selesai diberikan kepada pelanggan PDAM.

Baca juga: Apa itu Bacameter PDAM Pintar ?

Selanjutnya, untuk fitur-fitur pelayanan administrasi pada modul Hublang meliputi:

  • Sambung Baru
    Berfungsi untuk memproses permohonan sambungan baru dari calon pelanggan. Persyaratan tambahan seperti softcopy KTP, KK, IMB, gambar denah lokasi juga bisa diunggah pada fitur ini.
  • Sambung Kembali
    Berfungsi untuk memproses permohonan penyambungan kembali pelanggan yang posisi sambungannya sekarang tutup sementara atau tutup total, sehingga status pelanggan menjadi aktif kembali menjadi pelanggan PDAM
  • Balik Nama
    Berfungsi untuk memproses permohonan perubahan kepemilikan sambungan air pelanggan.
  • Rubah Golongan
    Pelanggan yang hendak mengubah tarif golongannya bisa diproses dengan fitur ini. Misalnya pelanggan yang sebelumnya hanya sambungan rumah biasa, sekarang sudah berkembang menjadi niaga kecil.
  • Rubah Rayon
    Disediakan untuk menangani permohonan pemindahan meter air pelanggan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 
  • Tutup
    Pengaduan dari pelanggan-pelanggan yang hendak berhenti berlangganan air PDAM, bisa ditangani dengan fitur ini.
  • Buka Segel
    Difungsikan untuk menerima permohonan pembukaan sanksi segel yang dialami pelanggan.
  • Pengaduan/Keluhan
    Pengaduan dari pelanggan seperti bocor, air keruh, meter air rusak, dan lain sebagainya; dapat diproses oleh bagian hubungan langganan melalui fitur ini. 
  • Koreksi Rekening
    Merupakan fitur yang digunakan untuk menerima permohonan koreksi rekening air dari pelanggan yang keberatan untuk membayar rekening air dengan jumlah tertentu, yang mungkin dilatarbelakangi oleh kesalahan baca, kualitas air yang diterima kurang baik, dan lain-lain.
  • Air Tangki
    Permohonan pelanggan maupun non pelanggan yang hendak membeli air dalam jumlah besar dalam waktu singkat dapat diterima melalui fitur ini.
Baca Juga:  Modul Keuangan untuk Pengelolaan Keuangan PDAM yang Lebih Baik

Baca juga: Modul Loket dari PDAM Pintar

Pelayanan-pelayanan dari pelanggan yang sudah diproses oleh PDAM dapat dipantau melalui fitur Monitoring Pelayanan. Dengan fitur ini, PDAM juga bisa mengetahui progress pelayanan dan apakah penyelesaian aduan dari PDAM sudah sesuai atau melebihi Service Level Agreement (SLA) yang sudah ditetapkan.

Recent Posts

Categories