5 Cara Pengaduan PDAM Online

Pengaduan PDAM

PDAM menjadi perusahaan air minum yang banyak dipilih oleh mayoritas masyarakat Indonesia sebagai penyedia air bersih. Karena itu, layanan yang diberikan oleh PDAM sangat diperhatikan betul, agar tetap bisa melayani masyarakat dengan baik. Namun, terkadang berbagai macam gangguan dalam penggunaan air bersih ini masih kerap terjadi. Masalah-masalah terkait lancar tidaknya air keluar, air yang kurang jernih hingga masalah tagihan pembayaran merupakan masalah yang sering diadukan. Agar aduan segera tertangani, kini pengguna PDAM sudah bisa melakukan aduan secara online. 

Melalui Call Center Resmi

PDAM menyediakan layanan terkait pengaduan melalui call center di masing-masing tiap daerah. Pelanggan dapat langsung menyampaikan keluhan terkait PDAM tanpa harus mendatangi kantor PDAM. Sebelumnya, anda bisa mencari kontak resmi PDAM daerah tempat tinggal anda, karena call center ini tergantung dengan wilayah masing-masing. Juga, pastikan anda memiliki cukup pulsa untuk melakukan panggilan ini. 

Melalui Media Sosial

Di zaman serba cepat seperti saat ini, peran media sosial sangat berguna untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Selain itu, banyaknya platform yang tersedia juga membuat penyebaran informasi dapat dilakukan secara luas dan dimana saja. PDAM juga memanfaatkan berbagai platform ini, untuk dapat memberikan pelayanan prima bagi para pelanggan dengan berbagai aduan terkait penyedia air minum ini. Pelanggan dapat menyampaikan keluhannya melalui Twitter, Facebook ataupun Instagram resmi milik PDAM. 

Pengaduan Melalui Website

Selain dua cara diatas, saat ini PDAM masing-masing daerah juga sudah meluncurkan website resmi. Langkah ini, menjadikan opsi bagi para pelanggan untuk melakukan aduan secara online semakin banyak. Pelanggan bebas memilih untuk melakukan aduan melalui opsi yang sudah disiapkan, sehingga kinerja PDAM akan semakin cepat dalam menindaklanjuti keluhan yang masuk pada kolom pengaduan. 

Melalui Aplikasi

Layanan pengaduan online juga tersedia melalui aplikasi. Saat ini anda dapat mengunduh berbagai macam aplikasi di Play Store bagi pengguna android. Dalam aplikasi, anda hanya diharuskan untuk login dengan nomor pelanggan yang ada kemudian memasukkan kendala yang terjadi pada PDAM rumah anda. Kemudian, 

tunggulah balasan dari petugas untuk menindaklanjuti laporan yang anda kirimkan. 

Melalui SMS dan Whatsapp

Sama halnya dengan call center, anda juga bisa membuat aduan melalui layanan pesan SMS. Selain itu, layanan ini juga didukung untuk dilakukan melalui aplikasi si WhatsApp Messenger. Anda bisa menuliskan nomor seri pelanggan, dan juga pertanyaan maupun kendala atau keluhan terkait dengan kondisi air yang ada di rumah anda. Anda hanya memerlukan pulsa untuk mengirim SMS dengan biaya normal, atau menggunakan paket data seluler untuk mengirimkan keluhan via aplikasi WhatsApp Messenger.

Dengan banyaknya pilihan yang disediakan, pelanggan tidak lagi perlu meluangkan waktunya untuk mengunjungi kantor PDAM di daerah masing-masing. Dengan adanya proses online, anda dapat melakukan pengaduan kapan saja dan dimana saja. Namun, sebelum melaporkannya ada beberapa hal yang perlu anda siapkan agar aduan segera dapat ditangani oleh petugas. Sehingga, anda tidak perlu lagi menunggu penanganan terlalu lama. 

PDAM Kian berbenah untuk tingkatkan kualitas layanan bagi pelanggan. Tidak hanya terkait keluhan dan pengaduan pelanggan, saat ini ini Anda juga bisa mengecek cek jumlah tagihan yang harus dibayarkan maupun membayar tagihan secara online melalui beberapa aplikasi si maupun marketplace yang dapat anda install di ponsel Anda.

Recent Posts

Categories