Cara Mudah Menghitung Tagihan Air PDAM

Menghitung Tagihan Air

Bagi kebanyakan rumah tangga, PDAM menjadi pilihan untuk kebutuhan air sehari-hari. Pembayaran tagihan PDAM menjadi salah satu pengeluaran pokok yang selalu ada pada keuangan rumah tangga tiap bulannya. Sehingga, jumlah tagihan ini ini sangat penting untuk diketahui setiap bulannya agar dapat memperkirakan besar biaya bulanan yang dikeluarkan untuk kebutuhan air. Namun, seringkali anda mendapati tagihan pembayaran PDAM bulanan dengan tarif yang berbeda-beda. Sebelum merasa bingung, yuk simak cara menghitung tagihan air PDAM.

Perhatikan angka pada meteran air

Dasar utama yang harus anda ketahui Untuk mencari perhitungan tagihan air PDAM adalah ah dengan mengetahui jumlah air yang terpakai. Anda bisa mengetahui jumlah air yang digunakan melalui meteran air yang terpasang di rumah anda. Pada umumnya, masyarakat menggunakan meteran mekanikal yang dapat dibaca secara sederhana sehingga mudah dimengerti oleh orang awam. Anda bisa melihat angka dengan warna hitam Untuk mengetahui jumlah air dalam satuan kubik, atau au angka merah untuk mengetahui jumlah air dalam satuan liter.

Golongan Tarif PDAM

Biaya tagihan air yang dibebankan kepada Tiap rumah tangga memiliki tingkat atau golongan masing-masing yang berbeda. Hal ini didasari dari kebutuhan air yang dibutuhkan oleh sebuah rumah. Golongan tarif ini, juga memiliki perbedaan pada setiap wilayah atau daerah. Jadi, jika ingin mengetahuinya hanya bisa mengecek pada wilayah masing-masing dan juga menentukan golongan hunian rumah yang anda tempati.

Cara menghitung tarif PDAM tiap bulan

Setelah mengetahui rumus dasar cara menghitung tagihan PDAM, Anda bisa melakukan perhitungan tarif PDAM per bulannya dari data yang sudah didapatkan. Anda bisa mengalikan kan angka pada meteran air atau jumlah air yang yang anda keluarkan, dengan biaya golongan tarif PDAM. Kemudian, biaya tarif PDAM ditambah dengan biaya perawatan meteran dan juga materai. Setelah itu, Anda ada telah menemukan tarif tagihan PDAM anda dalam satu bulan.

Sebagai contoh, sebuah rumah menggunakan 25 liter air tiap bulannya. Rumah tersebut, masuk ke dalam golongan tarif rumah menengah atai kelompol 2A3 dengan biaya Rp. 5000 per 10m3. Maka, biaya yang dikeluarkan ialah 25 x 5000 : 125.000. Dari tarif dasar pengenaan tagihan PDAM sebesar Rp125.000, ditambah dengan biaya lain-lain seperti perawatan meteran air dan juga materai sebesar Rp10.000. Maka, tagihan PDAM rumah tersebut dalam 1 bulan adalah sebesar Rp135.000.

Cara Menghitung Tagihan Via Aplikasi

Untuk memudahkan pelanggan dalam cara cara menghitung pengenaan tarif dasar yang harus dibayarkan, kini telah tersedia berbagai macam aplikasi si yang dapat membantu pelanggan untuk mengetahui tagihan biaya air perbulannya tanpa perlu menghitung secara manual atau menunggu  tagihan datang. Menghitung seperti ini, selain memudahkan pelanggan juga dapat mengingatkan pelanggan untuk menyiapkan dana untuk membayar tagihan air sebelum jatuh tempo.

Lakukan Pembayaran

Setelah mengetahui jumlah tagihan dari hasil simulasi perhitungan yang telah dilakukan, pelanggan dapat segera melakukan pembayaran PDAM di outlet yang tersedia di berbagai wilayah. Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke kantor PDAM secara langsung, sekarang Anda bisa melakukannya melalui berbagai aplikasi dan juga marketplace maupun dompet digital dan juga bank  yang menyediakan fitur untuk melakukan pembayaran tagihan air PDAM.

Setiap bulannya, petugas dari PDAM akan menghampiri rumah anda untuk melakukan pengecekan dan juga pemberitahuan pembayaran tagihan. Seringkali, pelanggan merasa kaget dengan biaya tagihan yang yang membengkak. Untuk itu, dengan melakukan perhitungan seperti contoh diatas, Anda dapat memperkirakan biaya tagihan air tiap bulannya.

Recent Posts

Categories