Ini Dia 8 Cara Meningkatkan Kompetensi Karyawan

Meningkatkan Kompetensi Karyawan

Untuk sebuah perusahaan, baik itu perusahaan dengan sekala kecil maupun besar, milik pemerintah ataupun swasta, karyawan merupakan salah satu aset yang wajib untuk ditingkatkan kompetensinya. Tujuan meningkatkan kompetensi karyawan ini untuk meningkatkan produktivitas kerja, melakukan efisiensi, memberikan kesempatan berkarier, serta menemukan potensi karyawan.

Baca juga: Pemberian Materi Coaching Karyawan

Untuk meningkatkan kompetensi karyawan, perusahaan dapat melakukan berbagai hal untuk meningkatkannya. Selain itu kegitan tersebut dapat dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan. Alasan mengapa kegiatan tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan adalah agar karyawan dapat mempertahankan serta meningkatkan kompetensinya.

Lalu apa saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kompetensi karyawan ? Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam upaya meningkatkan kompetensi karyawannya.

1. Pelatihan

Pelatihan ialah program umum buat meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Wujudnya dapat berupa pelatihan di dalam perusahaan( internal training) ataupun di luar perusahaan( external training).

Internal training yang umum disebut pula in house training dapat memakai pelatih atau instruksi dari perusahaan sendiri maupun luar perusahaan.

Sedangkan external training dilakukan dengan mengirimkan karyawan ke lembaga ataupun lembaga pelatihan tertentu, baik pemerintah maupun swasta.

2. Melaksanakan Rotasi Kerja

Rotasi kerja merupakan pemindahan karyawan ke tempat lain yang mempunyai tugas- tugas yang seragam tetapi mempunyai sebagian perbedaan yang bisa membuat karyawan lebih tertantang dalam mengerjakan pekerjaannya.

Aktivitas ini perlu dicoba sebab pekerjaan yang monoton sangat berpotensi untuk membuat karyawan bosan serta lama kelamaan bakal merendahkan produktivitas perusahaan.

3. Pendidikan

Pengembangan karier karyawan lewat pendidikan umumnya bersifat khusus. Ini diperuntukan buat karyawan terbaik yang dianggap butuh mengembangkan pendidikannya sebab pembelajaran sebelumnya belum cukup.

Baca juga: Kenapa Indikator Kualitas Kerja itu Penting?

Sebagai contohnya, seseorang karyawan lulusan D3 mendapat tugas kuliah S1 supaya pengetahuan serta keterampilannya bertambah. Di mana kuliahnya? Tergantung pada kebijakan perusahaan.

4. Job enrichment

Ada nya job enrichment, yakni pemberian job desk serta tanggung jawab yang lebih besar kepada karyawan. Perusahaan umumnya memberikan akumulasi kompleksitas sistem serta kuantitas job desk itu sendiri. Dengan demikian, pegawai yang diberi tugas serta tanggung jawab baru bakal merasakan tantangan buat melaksanakannya sehingga tingkatan kompetensinya bertambah.

5. Kenaikan Jabatan( Promosi)

Kenaikan jabatan ataupun promosi bisa meningkatkan moral karyawan secara substansial. Pastinya dengan memperoleh promosi, karyawan bakal memperoleh pekerjaan serta tanggung jawab yang lebih banyak dari sebelumnya.

Akan tetapi, alih- alih menjadi beban, karna moral karyawan bertambah, sehingga biasanya ia bakal terus menjadi termotivasi buat bekerja dengan lebih baik lagi.

6. Membangun teamwork

Dengan membangun teamwork bakal mempermudah serta mempercepat terwujudnya tujuan industri. Tentu saja, suatu perusahaan mempunyai karyawan dengan bermacam orang serta latar belakang yang berbeda. Dari hal tersebut, suatu tim yang terdiri dari bermacam pemikiran tetapi dengan kerjasama yang baik bakal melahirkan solusi- solusi baru serta kreatif dalam mengimplementasikan pemecahan masalah perusahaan sehingga kompetensi individu juga bisa bertambah.

7. Membuat Area Kerja yang Nyaman

Ada sebagian hal yang bisa dicoba perusahaan buat membuat karyawan nyaman di area kerjanya. Salah satunya yaitu membagikan sarana yang mencukupi supaya karyawan mempunyai infrastruktur yang dia butuhkan buat mengerjakan tugasnya dengan baik.

Baca juga: Ini Dia Cara Evaluasi Kinerja Karyawan !!!

Tidak hanya itu, atmosfer kerja yang nyaman serta tentram bisa membuat karyawan bertahan lebih lama dalam suatu perusahaan. Atmosfer kerja yang menunjang apalagi dapat meningkatkan rasa memiliki terhadap perusahaan apabila memang dia merasa dihargai serta mempunyai ikatan yang erat dengan karyawan- karyawan lain.

8. Melaksanakan aktivitas di luar rutinitas

Aktivitas semacam lunch ataupun dinner, sampai tamasya semacam outbound nyatanya sanggup mendesak terciptanya kemauan buat tingkatkan kompetensi kerja. Sebab dengan adanya aktivitas tersebut sanggup mempererat ikatan antar karyawan maupun ikatan karyawan dengan atasan jadi lebih dekat. Sehingga aktivitas tersebut dapat menghasilkan ikatan yang baik serta mendorong karyawan buat lebih bergairah dalam bekerja.

Recent Posts

Categories