Ini Dia Asal Air PAM !

air PAM

Tahukah kamu dari mana asalnya air PAM ? Air PAM umumnya berasal dari sumber air baku yang nantinya akan ditampung terlebih dahulu pada suatu tempat untuk kemudian di proses dan barulah disalurkan ke masyarakat.

Baca juga: Ini Dia Syarat Pemasangan Baru PDAM !

Lalu apa itu suber air baku ? Sumber air baku merupakan air yang dapat berasal dari sumber air permukaan, cekungan air tanah dan/atau air hujan yang memenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum. Agar lebih jelas lagi berikut ini beberapa sumber-sumber dari air baku.

Sumber-Sumber Air Baku

Mata Air

Mata Air adalah sumber air yang muncul dari dalam tanah ke permukaan secara alami. Kualitas mata air biasanya sangat baik untuk digunakan sebagai sumber, karena pengelolaan dilakukan secara alami. Mata air juga biasanya jernih dan segar, serta kandungan kimia didalamnya juga rendah dan kandungan oksigen yang cukup tinggi.

Akan tetapi, biasanya jumlah debit air yang dihasilkan di mata air cenderung rendah. Jarang juga ditemukan mata air dengan kapasitas besar. Selain itu, untuk menentukan kontinuitas dari debit mata air biasanya perlu dilakukan pengukuran dengan proses yang rumit, karena mata air dipengaruhi berbagai faktor seperti musim, kedalaman, struktur geologi, dan hal-hal lain yang sulit diprediksi.

Baca juga: Ini Dia Kelebihan Menggunakan Air PDAM

Air Permukaan

Sumber air permukaan merupakan suber air yang mengalir ataupun terkumpul di permukaan tanah seperti sungai, danau, waduk, dan lain sebagainya. Sumber air ini merupakah salah satu pilihan sumber berbagai PAM karena lebih mudah dikelola dan diekstraksi. Selain mudah dikelola, air permukaan juga sumber air yang lebih mudah untuk ditemukan dan terletak di lokasi yang relatif dekat dengan pemukiman. 

Tetapi, secara kualitas, air permukaan cenderung kurang baik dari sumber air alami, sebab air permukaan gampang tercemar pada saat pengaliran baik oleh pencemaran alami karna lumpur, tanah, serta tanaman, sampai pencemaran buatan oleh kegiatan industri serta rumah tangga.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membuat Penyaring Air Sederhana !

Air Tanah

Sumber Air Tanah ialah sumber air yang terletak di dalam susunan tanah ataupun batuan di dasar permukaan tanah. Air tanah wajib diekstraksi memakai tata cara penggalian sumur ataupun bor serta jaringan pipa. Air Tanah biasanya mempunyai isi besi yang relatif lebih besar dibandingkan air sumber lain. Tidak hanya itu, pemakaian air tanah mulai dikurangi sebab bisa menimbulkan penurunan muka tanah dan degradasi keadaan area.

Recent Posts

Categories