Kulit Berseri dengan Sentuhan Air Mawar: Manfaatnya yang Tak Terbantahkan

Kulit-Berseri-dengan-Sentuhan-Air-Mawar-Manfaatnya-yang-Tak-Terbantahkan

Sejak lama, air mawar telah menjadi sebuah bahan alami yang telah dikenal karena sifatnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Air mawar kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan kulit yang sensitif atau meradang, serta meningkatkan kelembaban kulit. Selain itu, penggunaan air mawar juga diketahui dapat memberikan efek menenangkan, baik untuk kulit maupun suasana hati secara keseluruhan. 

Ketika berbicara tentang kecantikan, air mawar telah menjadi senjata rahasia yang dapat membantu dalam perawatan kecantikan. Diekstrak dari kelopak bunga mawar, air mawar yang kaya akan antioksidan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu meredakan kemerahan dan iritasi kulit. Bahkan ketika digunakan secara teratur, kekuatan air mawar sangat membantu menjaga kulit tetap lembab dan segar, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Tapi, apakah manfaat air mawar hanya sebatas itu? Tentu saja tidak. Masih ada sederet manfaat dari air mawar itu sendiri hingga dijadikan sebagai pilihan populer dalam berbagai produk perawatan kulit dan aromaterapi untuk mencapai kulit yang sehat dan bersinar. 

Apa saja manfaat dari air mawar itu sendiri? Simak selengkapnya disini.

Manfaat air mawar 

Berikut ini beberapa manfaat air bunga mawar bagi kecantikan: 

Antioksidan dan perlindungan kulit 

Air mawar mengandung antioksidan seperti flavonoid, tanin dan vitamin C yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas mampu menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel kulit, sehingga hadirnya kombinasi dari ketiga senyawa ini membuat air mawar menjadi pilihan yang baik sebagai bagian dari perawatan kulit yang alami dan efektif. Yang pastinya harus dengan penggunaan rutin  untuk menghasilkan kulit tetap sehat, muda, dan terlindungi dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak kulit.

Melembabkan dan menghidrasi kulit 

Air mawar menjadi bahan alami yang mampu melembabkan dan menghidrasi kulit karena kandungan utamanya yaitu air murni yang berasal dari ekstraksi kelopak bunga mawar. Menariknya lagi, ada 2 sifat air mawar yang turut menjadi rahasia dibalik kenapa air mawar dikatakan mampu melembabkan dan menghidrasi kulit. Sifat itu tidak lain yaitu emolien yang membantu melapisi kulit dengan lembut dan sifat humektan yang dapat mengunci kelembaban hingga ke dalam kulit. 

Mengobati jerawat wajah

Kandungan antibakteri dalam air mawar inilah yang membuatnya menjadi obat alami yang efektif untuk mengurangi dan mengobati jerawat. Ini dibuktikan dari penelitian Mohammad Hossein Boskabady, dkk di tahun 2011, yang menyatakan bahwa air mawar mengandung banyak vitamin C dan fenolat, yang cocok sebagai pilihan anti-inflamasi alami untuk jerawat yang meradang. 

Jadi, ketika ada muncul jerawat yang meradang di wajah, Anda bisa menggunakan air mawar sebagai perawatan efektif untuk menghilangkan jerawat. 

Anti penuaan dini 

Ketika Anda menggunakan skincare yang mengandung air mawar secara rutin, termasuk pelembab, toner atau face mist, mampu memudarkan tanda-tanda penuaan dini di kulit wajah, seperti flek hitam, kerutan dan garis-garis halus. 

Dikatakan mampu mencegah penuaan dini ini karena kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu memperbaiki kerusakan kulit dan mendorong pembentukan kolagen sehingga kulit tetap terlihat kencang. Selain memberikan efek anti aging, kandungan zat pada air mawar juga tidak menyebabkan kulit menjadi kering dan terasa seperti tertarik. 

Membantu penyembuhan luka 

Sifat antiseptik dan antibakteri dari air mawar membuatnya menjadi bahan efektif dalam membantu penyembuhan luka. Penggunaan air mawar pada luka atau luka bakar dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. 

Air mawar adalah bahan alami berharga yang menawarkan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan kandungan antioksidannya yang kuat dan sifat-sifatnya yang menenangkan, air mawar telah menjadi bahan pilihan sejuta umat sebagai perawatan kulit alami dan efektif. Namun, pastinya bahan alami air mawar juga diperlakukan sama seperti produk perawatan kulit yang harus digunakan secara bijak. Tetap perhatikan reaksi yang terjadi di kulit Anda untuk memaksimalkan manfaatnya. 

Reference: 

Recent Posts

Categories