Manfaat Air Bersih, Apa Saja Ya?

manfaat air bersih

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar yang paling penting bagi kehidupan sehari-hari. Manfaat air bersih sangat penting bagi manusia. Bayangkan, manusia bisa bertahan hidup tanpa makanan selama tiga hari atau lebih, tapi manusia tidak akan bertahan hidup tanpa air maksimal tiga hari, loh!

Namun terdapat berbagai manfaat air bersih selain menjadi minuman hidrasi manusia. Apa sih yang bisa disebut air bersih dan apa saja manfaat air bersih? Yuk, simak ulasannya!

Baca juga: Info Bayar Tagihan Air secara Digital

Pengertian Air Bersih

Air bersih adalah sumber daya air yang berkualitas baik dan tidak menimbulkan masalah ketika digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Air bersih harus layak pakai dan layak guna oleh manusia dalam berbagai aktivitas. Artinya, air bersih adalah air yang tidak terkontaminasi zat berbahaya atau tercemar. Terdapat 3 parameter air bersih yakni fisik, kimia, dan mikrobiologi. Lebih lanjut menurut World Health Organization (WHO), terdapat 7 ciri-ciri air bersih, yaitu:

  • Air tidak berwarna dan cenderung jernih
  • Air tidak memiliki rasa
  • Air tidak berbau
  • Air tidak menimbulkan rasa lengket setelah digunakan
  • Air memiliki pH Netral
  • Air tidak mengandung bakteri
  • Air tidak mengandung kotoran seperti debu, pasir, tanah, atau sedimen dan zat lainnya

Selain menilai kebersihan air berdasarkan visualisasi dan perabaan, anda juga dapat melakukan tes pH dan muatan air pada laboratorium kesehatan yang bersedia.

Manfaat Air sebagai Hidrasi dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena air merupakan komposisi utama dalam tubuh manusia. Tubuh manusia mengandung sekitar 50 hingga 80% kadar air sesuai dengan usia. Maka, tubuh manusia harus memenuhi asupan cairan yang cukup setiap harinya sekitar 1,5 – 2 liter per hari. 

Bila kekurangan asupan cairan, tubuh manusia dapat mengalami gangguan kesehatan mulai dari kehilangan konsentrasi hingga menurunnya tensi.

Baca juga: Info Bayar Tagihan Air secara Digital

Manfaat Air untuk Sanitasi dan Higienitas Tubuh

Selain menjadi asupan cairan, air juga membantu menjaga sanitasi dan higienitas tubuh. Air merupakan zat utama yang digunakan dalam MCK atau Mandi Cuci Kakus. Dengan air, manusia dapat membersihkan badan dari kotoran maupun debu yang sekiranya mencemari tubuh.

Manfaat Air untuk Ekosistem dan Kebersihan Lingkungan

Air juga menjadi salah satu zat yang paling penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan, karena merupakan kebutuhan dasar bagi makhluk hidup lain selain manusia. Selain itu, air juga dapat digunakan untuk membersihkan lingkungan sekitar, seperti untuk mengepel lantai dan menyiram debu di jalan.

Air untuk Memasak

Selain diminum secara langsung, air juga berguna untuk membersihkan bahan makanan lain. Air juga dapat menjadi salah satu bahan dasar masak.

Air untuk Irigasi Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris atau negara yang bergantung pada sektor pertanian, perkebunan, dan bercocok tanam. Air menjadi salah satu faktor pendukung pertanian karena membantu  menjaga kesuburan tanah dan kualitas tanaman. Maka, irigasi atau perairan perkebunan menjadi salah satu fungsi penting air.

Baca juga: Info Bayar Tagihan Air secara Digital

Itu dia beberapa fungsi dan manfaat air bersih untuk makhluk hidup dan lingkungan! Yuk, manfaatkan air dengan lebih baik bersama PDAM Pintar!

Recent Posts

Categories