Manfaat Serta Faktor Penentu Key Performance Indicator

Key Performance Indicator

KPI (Key Performance Indicator) merupakan sesuatu parameter yang dibuat guna mengukur performa ataupun kinerja yang sifatnya finansial maupun non- finansial dalam organisasi bisnis. KPI tidak cuma mengukur kinerja karyawan, namun juga kinerja perusahaan.

Baca juga: Kenapa Indikator Kualitas Kerja itu Penting?

Parameter ini bermanfaat buat mengetahui seberapa efisien perusahaan mencapai tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. KPI juga bisa diterapkan buat evaluasi kinerja organisasi secara keseluruhan maupun kinerja masing- masing departemen. Dengan parameter indikator ini, manajemen perusahaan mempunyai tolak ukur guna membuat keputusan strategis yang tepat.

Oleh sebab itu KPI sangatlah penting artinya untuk perusahaan. Setidaknya dengan adanya Key Performance Indicator maka perusahaan akan senantiasa mengevaluasi diri tidak cuma tentang kuantitas buat mendekati tujuan tetapi juga bagaimana perusahaan dapat memandang kompetensi masing- masing jajarannya.

Manfaat KPI Untuk Karyawan

  • KPI bisa memberikan referensi suatu perusahaan buat menggapai tujuannya sebab ada pegangan baik untuk tiap karyawan maupun perusahaan itu sendiri.
  • Lebih gampang buat mengukur ataupun mengevaluasi kinerja karyawan, dan bisa mengurangi faktor subjektivitas sebab evaluasi kinerja karyawan diukur secara lebih objektif
  • Karyawan jadi lebih paham menimpa apa yang diharapkan manajemen terhadap dirinya. Perihal tersebut pula bisa jadi motivasi untuk karyawan buat bekerja lebih maksimal buat menggapai tujuan yang telah diresmikan.
  • Hasil kinerja yang jadi lebih terukur bisa dijadikan sebagai acuan buat memberikan penghargaan ataupun reward untuk karyawan yang kinerjanya lebih bagus, begitu pula sebaliknya.

Manfaat KPI Untuk Perusahaan

Sehabis mengetahui manfaat KPI untuk karyawan, saat ini saatnya mengulas apa sih manfaat untuk perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Ini Dia 8 Cara Meningkatkan Kompetensi Karyawan

  • Mempermudah HRD guna membuat pengukuran serta penilaian kinerja karyawan serta akibatnya terhadap kinerja perusahaan.
  • Jadi parameter berharga untuk perusahaan buat membuat sistem reward( penghargaan) serta punishment( hukuman) yang lebih objektif.
  • Membuat karyawan jadi lebih mengerti ekspektasi manajemen ataupun perusahaan.

Faktor Penentu KPI

Kerap kali ditemukan kalau karyawan yang diberi tugas buat menyusun serta melaksanakan Key Performance Indicator di perusahaan cuma meng- copy dari tempat lain. Hal ini sesungguhnya bakal menaikkan kesusahan dalam penerapannya di perusahaan itu sendiri. Sebab karatersitik, standar, serta tujuan yang bakal dicapai masing- masing perusahaan tentu berbeda. Jika disamakan ataupun cuma meng-copy saja tanpa memandang serta membiasakan dengan keadaan perusahaan sendiri hingga bakal susah mendapatkan yang sesuai dengan harapan.

Baca juga: Tips Memilih Sebuah Pekerjaan yang Tepat !

Guna melihat sepanjang mana KPI dalam perusahaan dapat sukses, terdapat beberapa aspek yang dapat dijadikan ketentuan keberhasilannya, ialah:

  • Specific, apakah indikator yang terdapat di dalam KPI telah disusun sedemikian rupa dengan modul yang detail serta spesifik, sehingga lebih bisa dimengerti pimpinan di bidangnya tiap- tiap.
  • Measurable, apakah indikator yang terdapat di dalam KPI telah terukur benar dari sisi kualitatif serta kuantitatif, sehingga tidak asal menyusun indikator- indikatornya saja.
  • Achievable ataupun Attainable, apakah indikator yang terdapat di dalam KPI merupakan perihal yang dapat dicapai serta bisa berguna dalam pengambilan keputusan.
  • Relevant ataupun Realistic, apakah indikator yang terdapat di dalam KPI merupakan perihal yang telah cocok dengan bidangnya serta tidak mengada- ada dalam pencapaian yang berorientasi pada hasil, sehingga tidak bakal berlangsung ketidak pahaman dengan apa yang dimaksudkan.
  • Timely ataupun Time- Bound, apakah penanda yang terdapat di dalam KPI dapat tercapai dalam kurun waktu tertentu.

Recent Posts

Categories