Modul Keuangan untuk Pengelolaan Keuangan PDAM yang Lebih Baik

Modul Keuangan

Mari mengenal lebih dekat dengan Modul Keuangan, modul ini dikembangkan oleh tim Bima Sakti Alterra untuk memudahkan bagian keuangan di Perumda maupun PDAM dalam mengelola pembukuan, penjurnalan, maupun menampilkan informasi pengelolaan keuangan yang ada di PDAM seperti aliran kas keluar dan masuk, serta kebutuhan untuk laporan bulanan transaksi kas PDAM. Secara umum modul ini terdiri dari 4 menu utama diantaranya Master Keuangan, Voucher, Posting Keuangan, dan Laporan Keuangan.

Modul Keuangan menjadi 1 aplikasi dengan Modul Akuntansi. Modul ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dari luar kantor PDAM jika secara koneksi server sudah didukung dengan layanan IP Public. Modul Keuangan dapat diakses ketika tim implementasi telah melakukan konfigurasi pada komputer pengguna.

Menu utama Master Keuangan berfungsi untuk mengelola rekonsiliasi kas dan bank, pengaturan untuk persentase tarif pajak dan mengelola anggaran penagihan bulanan. Fitur pertama di Menu ini adalah fitur saldo awal/ rekonsiliasi kas & bank yang berfungsi untuk mengelola data saldo awal yang sebelumnya sudah dimasukkan melalui Menu Master Akuntansi. Fitur ini melakukan proses penyesuaian semua transaksi penyetoran kas dan bank dalam periode tertentu. Fitur kedua di Menu Master Keuangan adalah Set Persentasi Tarif Pajak, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur persentase tarif pajak yang mempengaruhi fitur voucher, sehingga secara otomatis voucher yang sudah dibuat memotong nilai pajak sesuai dengan kode persen yang dimasukkan. Fitur ketiga ada Set Anggaran Penagihan Bulanan, fitur yang digunakan untuk mengatur nilai anggaran yang direncanakan untuk penagihan bulanan sesuai dengan jenis anggaran dan wilayah yang ada di PDAM.

Menu utama Voucher berfungsi untuk mengelola voucher keuangan PDAM, sebelumnya istilah voucher digunakan dalam akuntansi sebagai bukti pengesahan pembayaran kas. Fitur pertama yaitu Isi – Edit Voucher, dilihat dari nama fiturnya sudah menggambarkan bahwa pengguna dapat mengisi dan melakukan koreksi data voucher seperti menambahkan, menghapus, koreksi, dan melakukan ACC voucher. ACC Voucher yang dimaksud adalah kebutuhan approval oleh bagian terkait untuk syarat bahwa voucher tersebut dapat dilanjutkan prosesnya ke pembayaran/ pelunasan voucher. Fitur kedua ada Pembayaran Voucher, pengguna memungkinkan untuk melakukan pembayaran voucher yang telah di[1]ACC sebelumnya dengan menentukan tanggal pembayaran dan melengkapi nama bank serta nomor cek dari bank. Fitur ketiga adalah Cetak Lembar Voucher, sesuai dengan nama fitur ini untuk mencetak lembar voucher harian. Fitur keempat terkait Pembatalan Pembayaran Voucher dimana fitur ini memungkinkan pengguna membatalkan pembayaran voucher yang sudah terproses sehingga status voucher tersebut kembali menjadi belum terlunaskan. Fitur terakhir ada Cetak Kwitansi yang digunakan untuk mencetak kwitansi yang selanjutnya dapat diberikan ke vendor untuk ditanda tangani sebagai bukti bahwa uang telah diterima.

Menu utama Posting Keuangan Keuangan digunakan untuk mengelola penerimaan air dan pengeluaran biaya dari PDAM. Fitur Posting Transaksi Kas berfungsi untuk menarik data penerimaan air yang bersumber dari aplikasi Billing, perlu diperhatikan sebelum melakukan posting transaksi pastikan sudah melakukan download transaksi di Billing agar tidak terjadi selisih antara LPP Loket dengan hasil posting transaksi harian kas. Fitur kedua ada Rupa-rupa Lainnya memungkinkan pengguna memasukkan data penerimaan dan pengeluaran selain dari loket dan voucher. Fitur ketiga yaitu Proses Saldo Harian yang berfungsi untuk memasukkan nilai setoran berdasarkan bukti setoran dari masing-masing loket ke bank yang bekerja sama dengan PDAM. Fitur keempat ada Proses Saldo Harian yang dimana pengguna dapat memproses piutang dan penerimaan bulanan, proses ini dilakukan tiap awal bulan setelah DRD telah diterbitkan.

Menu terakhir ada Laporan Keuangan, menu ini menampilkan laporan keuangan baik harian maupun bulanan untuk keperluan di PDAM, laporan harian meliputi 7 jenis laporan diantaranya ada LHP (Laporan Harian Penerimaan) untuk menampilkan data real penerimaan dari loket, DPK (Daftar Penerimaan Kas) untuk menampilkan penerimaan seluruh kas dari loket maupun selain loket, DPH (Daftar Pengeluaran Harian) untuk menampilkan pengeluaran berdasarkan voucher, DBK (Daftar Biaya Kas) untuk menampilkan pengeluaran keseluruhan baik voucher maupun pengeluaran lainnya, LHK (Laporan Harian Kas) untuk menampilkan penerimaan dan pengeluaran dari tiap bank, RSL (Rekap Setoran Loket) untuk menampilkan rekap setoran dari Loket, RPB (Rekap Penerimaan dan Biaya) untuk menampilkan rekap penerimaan dan biaya periode tertentu.

Fitur terakhir dari Menu utama Laporan Keuangan yaitu Laporan Bulanan yang terdiri dari 10 jenis laporan diantaranya LEP (Laporan Efisiensi Penagihan) untuk menampilkan rekap efisiensi penagihan, EPB (Efektifitas Penagihan Bulanan) untuk menampilkan rekap penagihan lengkap dengan persentasi per golongan, RLHP (Rekap Laporan Penerimaan Harian) untuk menampilkan rekap penerimaan berdasarkan jenis air dan non air, DPV (Daftar Penerbitan Voucher) untuk menampilkan daftar voucher yang sudah diproses maupun belum diproses, DVHD (Daftar Voucher Yang Harus Dibayar) untuk menampilkan daftar penerbitan voucher yang sudah diproses dan harus dibayarkan PDAM, RLHK (Rekap Laporan Harian Kas) untuk menampilkan laporan harian kas PDAM, LPB (Laporan Penagihan Bulanan) untuk menampilkan laporan anggaran penagihan bulanan, RP3RA (Rekap Penagihan dan Penyisihan Piutang Rekening Air) untuk menampilkan rekap dari tagihan air dan penyisihan piutang di PDAM, RPNA (Rekap Penagihan Non Air) untuk menampilkan rekap tagihan rekening non air, DPTR (Daftar Piutang & Tunggakan Rekening) untuk menampilkan rekap piutang dan tunggakan rekening per golongan.

Fitur-fitur di Modul Keuangan tentunya akan membantu bagian keuangan untuk memenuhi kebutuhan di PDAM terutama dari segi pelaporan yang telah tersedia, fitur untuk mengelola voucher dan proses transaksi kas berdasarkan data yang ada di Modul Billing, sama seperti Modul lainnya di SI PDAM Pintar, aplikasi sudah terintergrasi dengan Modul Billing, Personalia, dan Gudang untuk kebutuhan pembuatan voucher sehingga memudahkan bagian keuangan. Penulis : Gede Haris Premana Wibawa

Recent Posts

Categories