Modul Loket dari PDAM Pintar

Modul Loket

Modul Loket adalah salah satu modul yang diberikan oleh PDAM pintar yang berfungsi sebagai aplikasi loket pembayaran yang merupakan bagian kecil dari billing di PDAM. Modul ini pada dasarnya sama dengan loket-loket pada umumnya, yang digunakan sebagai fasilitas untuk melakukan pembayaran tagihan di PDAM. Akan tetapi, modul ini memiliki keunggulan dibandingkan loket lainnya yaitu dapat diakses secara online serta data yang sudah tersimpan pada server cloud. Dengan data yang tersimpan pada server cloud, maka apabila terjadi masalah pada device yang digunakan data masih tersimpan dengan aman. 

Berkat data yang tersimpan pada server cloud, maka modul Loket dapat diakses secara online melalui komputer ataupun laptop. Jadi PDAM yang memiliki unit di berbagai tempat dapat mengakses modul ini, karena hanya memerlukan komputer atau laptop serta koneksi internet untuk mengaksesnya.

Modul Loket sendiri terdiri dari 6 menu utama, meliputi Tagihan, Angsuran, Penerimaan, Laporan,  Tutup Loket dan Info Loket, yang setiap menunya memiliki fungsinya tersendiri, yaitu :

Tagihan

Menu Tagihan berfungsi untuk melihat tagihan air dan non-air pelanggan, serta juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran/pelunasan tagihan, baik air dan non-air. Untuk pembayaran/pelunasan juga dapat dilakukan secara satuan (individu)  maupun kolektif (kelompok). Di menu tagihan juga dapat melakukan pembatalan pembayaran, jadi ketika ada pembayaran/pelunasan yang salah, bisa dilakukan pembatalan untuk mengembalikan lagi nilai tagihannya. Selain itu pada menu tagihan ini juga dapat melihat history pembayaran/pelunasan pelanggan, sehingga bisa dilakukan pengecekan kapan pelanggan tersebut melakukan pembayaran/pelunasan.

Angsuran

Menu Angsuran berfungsi untuk membuat angsuran bagi setiap pelanggan yang ingin melakukan angsuran. Jadi ketika ada pelanggan yang ingin melakukan pembayaran secara mencicil makan dapat menggunakan menu angsuran ini. Terdapat tiga angsuran yang dapat dilakukan pelanggan, yaitu angsuran air, angsuran non-air dan angsuran sambung baru.

Penerimaan

Menu penerimaan berfungsi untuk menampilkan data pelunasan yang sudah dilakukan oleh petugas loket. Data yang ditampilkan adalah pelunasan harian per loket bayarnya.

Laporan

Menu laporan berfungsi untuk menyediakan fasilitas dalam mencetak laporan berdasarkan tiga  kategori tertentu, yaitu Daftar Penerimaan, Tunggakan, dan Lainnya. Untuk laporan yang ditampilkan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh PDAM.

Tutup Loket

Menu Tutup Loket berfungsi untuk menghentikan proses pembayaran pada loket ketika jam operasional PDAM telah berakhir dan menutup proses transaksi per harinya. Jika terdapat pelanggan yang melakukan pembayaran diluar jam operasional maka transaksi akan masuk pada tanggal / hari berikutnya.

Info Loket

Menu Info Loket berfungsi untuk menampilkan detail jumlah tagihan yang akan ditampilkan pada second layar untuk ditampilkan kepada pelanggan di loket kasir. Jadi tampilannya akan sama seperti saat akan melakukan pembayaran di minimarket seperti indomaret/alfamart.

Untuk menu-menu yang terdapat pada modul Loket ini dapat diatur untuk hak aksesnya, jadi tidak setiap pengguna dapat mengakses menu yang sama, tergantung dari tugas dan fungsinya. Sehingga dapat mengurangi penyalahgunaan hak akses.

Recent Posts

Categories